Pages

Senin, 27 Mei 2013

Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi

Dewasa ini, perkembangan teknologi sudah berkembang sangat pesat di dunia. Banyak sekali manusia di abad ke-21 ini yang sangat bergantung pada teknologi. Sebelum menelaah lebih lanjut mengenai teknologi, marilah kita mencari definisi dari kata teknologi itu sendiri terlebih dahulu. Penulis telah menyimpulkan definisi teknologi secara garis besar setelah membaca pendapat para ahli. Menurut penulis, teknologi adalah aplikasi yang diciptakan oleh manusia untuk menunjang segala bentuk kebutuhan manusia agar lebih mudah , cepat , dan efisien. Sedangkan untuk definisi dari komunikasi, penulis memiliki pendapat tersendiri yang merupakan hasil dari membaca pendapat para ahli. Menurut penulis, definisi dari komunikasi adalah bentuk penyampaian pesan dimana komunikator menyampaikan informasi tersebut ( bisa melalui suatu media ) kepada komunikan dengan maksud dan tujuan tertentu.


Jika melihat definisi dari kedua kata tersebut, maka penulis mendefinisikan teknologi komunikasi adalah aplikasi yang diciptakan manusia untuk memudahkan penyampaian suatu informasi. Setelah mengetahui definisi dari teknologi komunikasi, alangkah lebih baiknya kita menelaah fungsi teknologi komunikasi terhadap manusia terlebih dahulu. Pada abad ke-21 ini, teknologi komunikasi nampaknya sudah seperti virus bagi manusia. Contoh dari perkembangan teknologi komunikasi adalah jejaring sosial dan smartphone. Pada zaman sekarang, hampir tidak ada manusia yang tidak menggunakan jejaring sosial sebagai teman curahan hatinya. Sebagai contoh, Facebook misalnya. Jejaring sosial ini sudah sangat sekali tenar di dunia ini. Banyak sekali manusia yang mengakses jejaring ini untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya. Selain Facebook, Twitter juga tidak kalah tenar. Walaupun belum terlalu tenar di Indonesia, situs ini sudah merajalela di dunia luas. Banyak sekali tokoh-tokoh dunia yang menggunakan jejaring social ini untuk menyapa para fansnya. Tidak hanya tokoh-tokoh dunia, banyak juga perusahaan-perusahaan menggunakan jejaring social ini untuk menyampaikan informasi dan kebijakan yang ada dalam perusahaan tersebut. Facebook dan Twitter hanyalah dua contoh kecil dari banyak sekali jejaring sosial yang beredar pada dunia ini.


Untuk smartphone, semua manusia di dunia ini pasti mengenal blackberry. Smartphone yang satu ini memang lagi in dalam dunia ini. Blackberry pun hanya sekedar contoh kecil dari banyaknya smartphone yang merajalela di dunia ini. Tapi tahukah anda bahwa teknologi komunikasi sejatinya mengalami perubahan dari masa ke masa. Perubahan dalam teknologi komunikasi dapat disebut sebagai evolusi komunikasi. Adapun evolusi komunikasi ini dikaji menjadi 4 era, yakni :


1.Writing Era.

Menurut sejarah, tulisan sudah merajalela sebelum masehi. Sebagai contoh, banyak sekali suku-suku di dunia yang menulis di tanah liat pada tahun 4000 sebelum masehi. Selain itu, jika kita jalan-jalan di sebuah goa. Tidak jarang kita melihat beberapa tulisan kuno peninggalan suku-suku pada zaman dahulu. Kedua contoh itu sudah cukup menguatkan era menulis ini.


2.Printing Era.

Sejarah mencatat era ini mulai berkembang pada tahun 1450 ketika Johann Gutenberg pertama kali menemukan mesin cetak. Setelah era Johann Gutenberg, pada tahun 1833 muncullah era Penny Press yang mencoba untuk mengembangkan mesin cetak yang ditemukan oleh Johann Gutenberg.


3.Telecommunication Era.

Era ini merupakan acuan dari perkembangan teknologi komunikasi pada zaman sekarang. Salah satu contoh tokoh yang sangat terkenal pada era itu hingga kini adalah Alexander Graham Bell. Beliau adalah orang pertama yang menemukan telepon sebagai sarana untuk menyampaikan informasi.Selain Bell, masih ada Samuel Morse, beliau adalah penemu pertama dari alat telegraf. Tidak hanya Bell dan Morse, Guglielmo Marconi juga berperan penting pada masa ini, beliau adalah orang pertama yang mengirim pesan melalui radio pada tahun 1919. Adanya radio pada zaman sekarang pun tidak lepas dari Guglielmo Marconi.


4. Interactive Communication Era.

Pada era ini, muncullah penemuan-penemuan baru yang bisa dikatakan luar biasa. Sebagai contoh, pembuatan serta peluncuran satelit untuk ruang angkasa pertama di dunia oleh negara Rusia pada tahun 1957 yang membuat kita dapat berkomunikasi dengan banyak orang , bahkan orang yang berada di belahan dunia yang jauh.Tidak hanya satelit, alat-alat seperti laptop, komputer, dan telepon pun menjadi contoh perkembangan teknologi pada masa ini.


Jika kita melihat 4 era diatas, agaknya kita dapat mengambil sebuah pengetahuan tentang sejarah teknologi yang berkembang dari masa lalu hingga masa sekarang, khususnya mengenai perkembangan teknologi komunikasi. Ternyata, teknologi komunikasi pun memiliki dampak positif yang banyak. Sebagai contoh, teknologi komunikasi bermanfaat untuk bidang penerbangan , perkantoran , perbankan , serta perdagangan.


Di Indonesia pun, tidak jarang kita melihat orang menggunakan teknologi komunikasi. Dengan jumlah penduduk yang tergolong besar, banyak sekali perusahaan yang berbondong-bondong menjadikan Indonesia sebagai target pasar untuk teknologi komunikasi. Namun sangat disayangkan, dengan jumlah penduduk yang banyak, Indonesia malah lebih menjadi konsumen. Padahal, dengan jumlah tenaga kerja yang banyak, mestinya Indonesia bisa menjadi pelopor dari perkembangan teknologi yang akan datang.


Maka dari itu , sebagai generasi muda agaknya kita harus merubah pola pikir kita dan mulai mempertimbangkan untuk mengubah pola kita yang konsumen menjadi produsen agar negara kita bisa dapat lebih dipandang dan berperan aktif dalam perkembangan teknologi komunikasi.

Telekomunikasi berasal dari dua kata yaitu ‘Tele’ dan ‘Komunikasi’,  yang memiliki arti ‘Tele’ berarti jauh dan ‘Komunikasi’ berarti hubungan atau saling bertukar pesan atau informasi yang terdiri dari dua orang atau lebih. Jadi Telekomunikasi adalah hubungan atau bertukar informasi secara jarak jauh yang dilakukan dua orang atau lebih. Face to face atau berhadapan langsung itu bukan termasuk proses telekomukasi karena kita bertemu langsung dengan lawan bicara kita dan tidak ada jarak yang jauh.
              Zaman dulu telekomunikasi dilakuakn dengan tradisianal, seperti penggunaan asap, lampu, surat/pos, bahkan kentongan berakhir ketika pada 24 Mei 1844 F.B Morse berhasil mengirimkan pesannya dari Baltimore ke Washington DC melalui telegraf. Sepuluh tahun kemudian, pada tahun 1876 telepon konvensional ditemukan oleh Alexander Graham Bell dan Thomas Watson (asistennya). Dengan adanya telepon semua orang bisa menggukannya dengan sangat cepat dan telepon menjadi penemuan yang sangat penting karena bisa mengkirimkan suara melalui jaringan kabel.  Telekomunikasi semakin cepet berkembang dan semakin canggih dengan majunya waktu. Sejak 1930-an ditemukannya komputer elektronik, sehingga data atau informasi dapat di pindahkan dari komputer satu ke komputer lain. Pada tahun 1973 tepatnya di bulan Juli munculnya internet dan pada bulan Agustus 1982 mucul lah electronic mail atau yang biasa disebut dengan e-mail. Internet membuat perubahan besar terhadap telekomunikasi, banyak komputer-komputer yang sejrang ini sudah terhubung dengan jaringan internet yang semakin meluas. Banyak aplikasi dari internet misalnya e-commerce, e-learning, videoconference, e-government dan lain sebagainya. Semakin banyaknya informasi yang ingin di cari atau ingin diketahui maka muncul lah aplikasi baru yang sangat popular yaitu Yahoo dan Google. Dan dalam internet ini kita dapat berintraksi oleh dua pikah atau lebih oleh semua orang yang dimanapun posisinya atau jaraknya, seperti Facebook, Twitter, Yahoo Massenger, MySpace, dan lain-lain. Banyak orang sekarang berkomunikasi dan mengenal orang lain di internet atau dunia maya yang semakin banyak dan semakin canggih pesat kemajuannya. Semakin berkembangnya zaman laptop dan handphone pun bisa berinteraksi dengan orang lain melalu internet. Semakin banyak handphone yang bisa melakukan jaringan internet secara cepat dan mudah, salah satu contohnya yang banyak di pakai orang sekrang ini adalah handphone BlackBerry atau yang biasa disingkat oleh orang-orang adalah BB. Pasti dimasa yang akan datang semakin maju tingkat telekomunikasi yang ada pada dunia ini, samakin praktis, canggih, mudah, cepat cara penggunannya. Telekomunikasi elektrik, teknologi dan media akan semakin modern pada masa yang akan datang. Telekomunikasi akan atau semakin menghilangkan batasan jarak atau lokasi sehigga dunia ini terasa semakin sempit. Bahkan masyarakat dapat menggukannya dengan gampang dan tidak susah-susah menggunakan telekomunikasi yang semakin pesat tingkat kemajuannya.
            Semakin bertambahnya tahun semakin pula telekomunikasi yang berkembang dari surat/pos, telepon, komputer, internet dan akhirnya handphone yang semakin canggih yang memiliki jaringan internet. Dengan internet pesan atau informasi yang akan disampaikan tersampai cepat dan praktis, semua orang bisa mendapatkan informasi secara secapat dengan internet maupun di komputer, laptop, handphone dan sejenisnya. Memang dengan adanya internet kita mudah untuk berinteraksi tetapi dengan adanya internet kita juga dapat dampak buruk yang kita dapat. Misalnya kesalahan informasi yang disampaikan atau banyak persepsi yang berbeda-beda. Dalam internet juga dapat pengaruh buruk dari beberapa informasi yang seharusnya tidak baik untuk diinformasikan dalam suatu media online. Hampir semua orang bisa menggukan internet, baik yang masih anak-anak, remaja, dewasa, atau orang tua sekali pun dan hampir semua orang memiliki jarangan internet di komputer, laptop, handphone dan lain sebaginya. Dengan menggunakan jaringan internet kita dapat berkomunikasi atau mengetahui informasi dari luar negara kita, kita bisa kenal orang-orang luar dari internet dan kita dapat berinteraksi dengan orang yang berada di luar negara kita.
            Di negara kita ini yaitu Indonesia lebih sering menggukan jaringan internet dari pada telekomunkasi lainnya. Apalagi zaman sekarang ini orang Indonesia dengan sudah adanya telepon genggam atau handphone lebih sering menggukan jaringan internet di sini karena lebih praktis, cepat dan mudah. Contohnya, di Indonesia banyak yang menggunkan handphone BlackBerry yang semakin banyak produk-produknya yang semakin canggih. Di BlackBerry ini kita dapat membuka semua aplikasi internet yang ada, misalnya YouTube, Facebook, Twitter, MySpace, Yahoo, Google, BleckBarry Messanger (BBM), 3G dan lainnya. Semakin berkembangnya telekomunikasi semakain orang lebih mudah dan lebih cepat mendapatkan informasi yang ingin didapat. Tapi dalam jaringan internet ini terkadang seseorang salah menggunakannya dan pada akhirnya berdampak buruk dan mendapatkan pengaruh yang tidak baik. Berita yang di sampaikan di media online yang banyak dan berbeda persepsi yang di dapat. Dan orang dapat berbuat jahat dalam media online, misalnya seperti penipuan, krimnalitas, ancamana, pemerkosaan, dan sejenisnya. Contoh kongkritnya, seorang wanita berkenalan di media online misalnya Facebook, lalu mereka berkenalan dan chatting, pada akhirnya mereka bertemu ternyata si pria berbuat jahat terhadap si perempuan, perempuan ini di perkosa dan tertipu oleh si pria itu. Ini contoh penggunakan jaringan internet yang untuk berbuat tindakan buruk, tapi semua ini tergantung dari orang yang menggukannya baik atau buruknya.
Empat Era Perkembangan Teknologi Komunikasi

            Komunikasi telah berlangsung sejak lama dalam kehidupan ini. Hal itu juga didukung oleh fakta bahwa kita sebagai manusia tidak akan bisa untuk tidak berkomunikasi. Bahkan komunikasi itu sendiri muncul pada tahun sebelum masehi. Menurut Everett M. Rogers, di dalam sejarah perkembangan komunikasi terdapat empat era komunikasi yang terjadi, yang pertama yaitu era komunikasi tulisan.
Bukti nyata bahwa komunikasi telah muncul pertama kali lewat  komunikasi  tulisan yaitu, adanya fakta bahwa pada saat 4000 SM ditemukan tulisan-tulisan dalam lembaran tanah liat oleh bangsa Sumeria. Kemudian di tahun  1041, Pi Sheng, Cina, menemukan sejenis alat cetak buku sederhana. Dan pada tahun 1241 tulisan dalam lembaran tanah liat kemudian diganti oleh tulisan-tulisan yang terdapat dalam lembaran metal di Korea.
Setelah era komunikasi tulisan tersebut, muncullah era komunikasi cetak. Era tersebut ditandai oleh Gutenberg yang pada saat itu menemukan mesin cetak (handpress) untuk mencetak injil . Lalu pada tahun 1833, saat Benjamin Day, adaa peluncuran surat kabar The New York Swi, yang menggunakan mesin cetak secara massal untuk penerbitan surat kabar tersebut. Lalu pada tahun 1839, Daguerre menemukan metode fotografi yang lebih praktis di dalam surat kabar. Surat kabar masa itu sudah mulai beredar. Namun, masih ditujukan oleh kalangan tertentu dan dengan pemasaran yang cenderung tertutup karena belum banyak masyarakat yang dapat membaca saat itu.
Seiring berjalannya waktu, era pun berlanjut menjadi era telekomunikasi. Era tersebut dimulai ketika Samuel Morse berhasil mengirimkan pesan melalui telegraf pertama kali dari Baltimore ke Washington DC. Dilanjutkan pada tahun 1876 dimana pada tahun itu ditemukan film bioskop yang menandakan keberhasilan dalam penciptaan gambar bergerak. Kemudian dilanjutkan Guglielmo Marconi di tahun 1895, dimana ia mengirimkan pesan melalui radio. Pada tahun 1912 Lee de Forest menemukan vacuum tube.  Lalu, penyiaran siaran televisi komersial perdana pun dilakukan pada tahun 1941. Pada era tersebut, televisi sudah mulai dikenal dengan model dan kualitas yang masih minim dibanding sekarang.
Perkembangan komunikasi pun berlanjut ke era komunikasi terakhir yakni,komunikasi interaktif  yang berlangsung dari tahun 1946 hingga sekarang. Komunikasi interaktif itu sendiri merupakan proses penyampaian pesan melalui media dimana komunikan bersifat aktif dan dapat memberi feedback terhadap informasi yang ia dapat.  Era ini ditandai dengan adanya kehadiran internet. Komputer dan internet kemudain semakin berkembang. Oleh karenanya perkembangan dunia komunikasi hinggi kini menjadi sangat maju. Sekarang orang dapat melakukan komunikasi perseorangan dengan jarak jauh dalam kurun waktu yang singkat. Masalah komunikasi karena jarak jauh atau perbedaan waktu, kini dapat terpecahkan.
            Di Indonesia perkembangan komunikasi interaktif belum berlangsung terlalu lama dibandingkan negara lain seperti Amerika Serikat. Penggunaan internet dalam negeri dimulai pada akhir tahun 1993 dan kemudian mengalami peningkatan jumlah penggunanya di tahun 1998 hingga kini. Perkiraan tersebut dicetuskan oleh APIJI (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) dengan perkiraan hingga tahun 2005 pengguna internet di Indonesia mencapai 16.000.000 orang dan 1.500.000 pelanggan. PT. Telekomunikasi Indonesia menjadi salah satu perusahaan BUMN di Indonesia yang menerapkan teknologi komunikasi melalui internet tersebut.
            Pada abad 21 terlihat jelas perkembangan teknologi komunikasi semakin berkembang pesat. Adanya perubahan kemajuan teknologi komunikasi yang kini dipakai oleh masyarakat. Contohnya saja perkembangan telekomunikasi jaman sekarang. Era sebelumnya telepon ruamh merupakan barang yang tergolong mewah, sekarang ponsel sudah menjadi barang kebutuhan dalam keseharian masyarakat umum. Kita bisa melihat di sekitar kita ada berbagai macam jenis ponsel, dengan berbagai merk, yang kian menjamur di masyarakat. Produsen telepon seluler masa kini, berlomba-lomba menciptakan inofasi baru dalam menciptakan teknologi komunikasi wireless tersebut .
            Blackberry dan produk-produk keluaran Apple pun kian menjamur di masyarakat Indonesia. Kita sendiri pasti merasakan bahwa keberadaan alat-alat komunikasi canggih tersebut tak bisa lepas dari kehidupan kita saat ini. Kita sekarang juga bisa dengan sangat mudah untuk mengakses data apapun dengan kuantitas banyak, kualitas bagus, dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Ditambah lagi situs jejaring sosial yang mempermudahkan kita berhubungan dengan orang-orang yang berjarak sangat jauh di seluruh dunia dengan tanpa perlu menghabiskan waktu yang banyak atau bahkan biaya yang besar.
Produsen telepon seluler dalam negeri juga terus bermunculan dengan berbagai merk, misalnya HP Nexian. Harga yang ditawarkan pun kian murah, demi bersaing dalam mencari. Hal itu membuktikan bahwa minat masyarakat pada alat telekomunikasi wireless di abad ini sudah meningkat tajam dibandingkan era sebelumnya.
Selain telekomunikasi, era komunikasi cetak pun kian meningkat hingga kini. Telah banyak surat-surat kabar yang beredar. Masyarakat di Indonesia juga telah mudah dalam mencari segala informasi yang dinginkan. Bisa melalui internet, jejaring sosial, maupun surat kabar itu sendiri. Telah banyak instansi surat kabar yang kini beroperasi, misalnya saja Kompas. 
Banyak sekali perubahan di dalam perkembangan teknologi yang terjadi masa kini. Oleh karenanya, menjadi tugas kita generasi muda untuk terus melestarikan dan berkarya dalam menciptakan teknologi komunikasi yang semakin inovatif, ramah lingkungan, dan tidak merugikan pihak manapun, demi memajukan bangsa sendiri, bangsa kita Indonesia, dan dunia.

http://komunikasi.us/index.php/mata-kuliah/media-convergence/12-response-paper-ptk-2013/128-perkembangan-teknologi-komunikasi

0 komentar:

Posting Komentar